Aku dan Blog


Apa sih gunanya blog?

Ada sebagian orang yang memang suka ngeblog karena suka menulis. Mereka menuliskan apapun yang terpikir, yang dialami, yang disaksikan. Blognya menjadi penuh warna, kaya makna, dan seringkali menggelitik, mengundang pembacanya untuk membaca lebih jauh, berbagi pendapat dan saling mewarnai dalam keragaman.

Ada juga sebagian orang yang menulis di blog hanya jika ia sedang membutuhkan tempat untuk “membuang sampah”. Ketika tidak ada siapapun yang bisa dijadikan tempat berbagi uneg-uneg, ketika hidup terasa begitu berat dan harus dihadapi sendirian, blog menjadi tempat pelarian yang bisa diandalkan. Tidak pernah marah, tidak pernah tersinggung, selalu mau mendengarkan dan menampung segala keluh kesah yang ada, blog menjadi tempat favorit orang-orang yang seperti ini.

Ketika sang penulis telah mengenyahkan kesusahannya, ketika ia tidak lagi perlu menangis, ketika keluh kesah itu sirna, apakah yang terjadi? Orang yang memang berniat menulis akan tetap menulis, apapun yang terjadi ia akan tetap menulis. Tapi orang menulis karena membutuhkan tempat mengeluh tidak akan lagi menulis, karena ia telah kehabisan bahan.

Lalu apa hubungannya aku dan blog?

Kadang aku merasa aku ini seperti blog. Bukan blog yang penuh warna, yang di dalamnya ada sukacita bersebelahan dengan dukacita. Lebih menyerupai blog yang kelam, yang hanya berisikan keluhan-keluhan, bahkan kadang umpatan. Hanya menjadi tempat yang aman di mana si penulis bisa menangis sejadi-jadinya tanpa diketahui dunia luar.

Lalu apakah aku sama dengan blog?

Tidak! Aku bukan blog! Aku pun butuh didengarkan sekali waktu, dikuatkan ketika aku lemah, diingatkan ketika lupa, ditemani ketika kesepian… Aku tidak bisu, aku pun ingin bicara, walaupun terkadang tidak dengan ucapan kata-kata. Aku pun ingin dimengerti, dicintai, dan dimanusiakan.

Karena aku manusia, bukan blog.

Advertisements

3 Comments on “Aku dan Blog”

  1. ogi says:

    blog, buat wasting time 😀

  2. kerti says:

    yak tul.

    “wah, lagi bosen ni gak ada kerjaan, ngeblog aja ah…”

    “wah, lagi bosen ni gak ada kerjaan, gangguin ogi ah…”

  3. aftrie says:

    emm..

    Blog itu buat mengenalkan ku ke dunia..

    *obsesi seleb!!

    Ahakhakhakahkahk..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s