Stand Up and Fight!


Setelah mendengarkan dua sahabatku melacur (melakukan curhat – red.) beberapa jam yang lalu, aku jadi ingat satu hal yang penting.

Never depend on anyone unless you had stood up and fought with your bare hands.

Jangan pernah bergantung pada orang lain sebelum mencoba dan berjuang, kalau perlu “bertarung dengan tangan kosong” sekalipun. Seperti orang bilang:

What doesn’t kill you makes you stronger.

Tetapi di sisi lain, jangan pula beranggapan bahwa kemampuan diri akan menyelesaikan segalanya, karena kesombongan dan gengsi hanya ilusi yang menyesatkan. Berusaha dengan kemampuan diri perlu dan harus. Namun bila diri memang tidak mampu, harus tetap berbesar hati mau meminta bantuan.

Sesakit apapun, sepahit apapun, sesulit apapun, jangan pernah menyerah apabila belum mencoba dengan sekuat tenaga, dengan segenap usaha, dengan seluruh kemampuan. Karena mimpi hanya sekedar mimpi apabila tidak diusahakan, dikejar, dan diperjuangkan. Setiap hari adalah perang melawan kemalasan, ketergantungan, dan keputusasaan.

Aku pikir aku tidak akan kalah, tapi optimisme belaka bukanlah jaminan keberhasilan. Di sisi lain, dalam kegagalan sekalipun aku akan meraih pengalaman yang berharga: penguatan diri yang berproses seiring dengan luka dan kepahitan yang terjadi.

Terima kasih Tuhan, untuk semua kegagalanku, untuk semua kepahitan yang aku alami, untuk semua kesukaran yang aku hadapi. Aku tidak meminta jalan yang mudah dan lurus. Jika Engkau menghendaki, biarlah jalan itu berkelok-kelok, berlubang-lubang, terjal, bahkan menyesatkan. Yang aku minta adalah kekuatan untuk menghadapi itu, karena aku yakin di ujung jalan itu adalah rencanaMu yang terbaik, dan bersamaMu aku tahu aku tidak akan tersesat.

Stand up and fight!!!

Advertisements


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s