Buku Harian Nayla Palsu!!!


aku nggak habis pikir, ada apa si sebenernya dengan dunia sinetron indonesia?
aku dah pengen nulis ini sejak beberapa hari yang lalu, tapi baru ingat sekarang. gomen ne, Aya-san.

kalo ada yang suka sama sinetron di salah satu televisi swasta indonesia yang berjudul Buku Harian Nayla, jangan suka! ini adalah adaptasi tanpa ijin dari drama jepang dengan judul Ichi Rittoru no Namida (1 Litre of Tears).

sinetron Buku Harian Nayla adalah sinetron yang menghasilkan keuntungan dari kisah nyata seorang Aya Kitou, yang bener-bener hidup, yang bener-bener menderita spinocerebellar degeneration, yang bener-bener berjuang menghadapi penyakitnya sampai akhir hidupnya, dan yang memberikan inspirasi bagi begitu banyak orang lewat tulisan-tulisannya dalam buku hariannya yang diberi judul Ichi Rittoru no Namida.

tentang sinetron produksi dalam negeri yang terang-terangan menjiplak produksi luar, sudah nggak terhitung banyaknya. yang jadi masalah di sini, apa orang-orang PH-nya Buku Harian Nayla dan orang-orang RCTI yang menayangkan sinetron itu gak punya hati, gak sadar kalo ini adalah kisah nyata yang patut dihargai lebih. mereka menyia-nyiakan Aya Kitou dan perjuangannya. bener-bener nggak sopan! mendingan RCTI ngimpor aja sekalian dramanya dari jepang, ditayangkan apa adanya, dan nggak usah pake dubbing, pake terjemahan aja. dubbing indonesia bisanya cuma ngilangin suasana dan mood ceritanya.

kebayang gimana jadinya kalo kisah ini di-indonesia-kan aja udah bikin jengkel.
pasti nanti banjir air mata: memang di kisah nyatanya banyak air mata, tapi esensinya bukan di sedih-sedihan melainkan pada perjuangan Aya melawan air mata itu.
akting yang nggak bener: akting para pemeran sinetron indonesia jelek! bisanya cuma nyengir, melotot, teriak-teriak, marah-marah, nangis nggak jelas, dan adegan slow motion yang kelamaan. sama sekali nggak natural.
storyline yang belok-belok: udah dijiplak, dibelokin pula, diselipi kisah-kisah sampingan yang gak jelas dan gak mutu.

buat yang pengen tau apa sebenernya Ichi Rittoru no Namida:
Ichi Rittoru no Namida at JDorama.com
Ichi Rittoru no Namida – DramaWiki

sori kalo menyinggung pihak-pihak yang memproduksi dan menayangkan Buku Harian Nayla, tapi kali ini kalian emang bener-benern menjengkelkan!

bottom line:
Buku Harian Nayla suckz!!!

Advertisements

2 Comments on “Buku Harian Nayla Palsu!!!”

  1. ApFuTaRIe says:

    I’m with you, baby!!
    (maxud loe???)

    yap! gue juga sebal tuh…
    semoga perfileman indonesia masi bisa teteup kreatip lah bikin pilem baru, bukan jiplakan dan adaptasi mulu dari luar!!

    Dukung Aya-san!!
    he..???

  2. aruda says:

    setuju banget!!!
    sinetron indonesia emang ga siup… yah kecuali hidayah…dsb dsb…pokoknya yang ada azab2nya (indonesia banget!) :p


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s